Cara Membuat Bros Dari Kulit Kerang, Berikut Ini Simak Selengkapnya!

Cara Membuat Bros Dari Kulit Kerang, Berikut Ini Simak Selengkapnya!

Akhir-akhir ini ada banyak sekali limbah yang cukup meresahkan lingkungan. Mulai dari limbah kulit telur, kertas sampai cangkang kerang. Nah, untuk mengurangi limbah tersebut Anda bisa mengubahnya menjadi kerajinan tangan berupa bros dari kulit kerang. Sebab Indonesia memiliki banyak pantai yang mana hal itu bisa membantu meningkatkan mata pencaharian masyarakat sekitar.

Cangkang kerang dapat digunakan sebagai media belajar. Materi yang diarjarkan yaitu berupa pembuatan kerajinan dengan menggunakan bahan alami dan buatan, berhitung, dan kewirausahaan. Banyak bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku kerajinan. 

Menurut Sudjana (2011:1) bahan alam merupakan bahan yang diperoleh dari alam. Contoh bahan alam, yaitu batu-batuan, kayu, ranting, biji-bijian, daun, kapas, kulit buah, pelapah bambu, kepingan-kepingan kramik, dan lain-lain.Seperti yang telah diketahui, kulit kerang dapat dimanfaatnkan sebagai bahan baku pembuatan kerajinan. Kulit kerang merupakan bahan alami.

Inilah Cara Membuat Bros dari Kulit Kerang

Salah satu komoditas laut yang memiliki potensi bisnis baik dan tinggi yakni kerang. Selain kerang bisa diambil dagingnya untuk dikonsumsi, kulit maupun cangkangnya ternyata juga dapat dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai bahan utama dalam pembuatan berbagai kerajinan tangan yang unik. 

Walaupun banyak masyarakat yang menganggap kulit kerang merupakan limbah, tetapi sebagian besar pengrajin menganggap kulit kerang memiliki potensi yang cukup besar serta peluang bisnisnya menjanjikan.

Dengan berbekal kreativitas tinggi maka Anda bisa menyulap dan mengolah cangkang kerang jadi beragam kerajinan tangan yang unik serta memiliki nilai ekonomis tinggi. Apa saja contohnya? Kulit kerang bisa Anda ubah menjadi bingkai foto, tempat tisu, serta bros dan lainnya. 

Jenis kerajinan tangan dari kulit kerang laut ini sekarang banyak ditemukan di pasaran, contoh menariknya berupa bros dari cangkang kerang. Pada umumnya, bros cangkang ini digunakan untuk mempercantik busana serta sebagai penunjang penampilan bagi wanita.

Bros kulit kerang unik serta cantik karena akan membuat tampilan tampak beda hanya dengan menyematkan bros kecil pada jilbab maupun baju. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara pembuatannya simak berikut ini.

Bahan-Bahan

  1. Kulit kerang dengan aneka jenis
  2. Pin
  3. Cat maupun pewarna
  4. Lem

Proses Pembuatan

Proses pembuatannya tidaklah susah. Bahan bakunya juga sangat gampang dijumpai. Hanya saja Anda memerlukan keterampilan khusus serta sentuhan seni sehingga limbah tersebut berhasil disulap jadi kerajinan tangan yang unik. Nah, berikut ini beberapa langkah pembuatan bros dari kulit kerang antara lain.

  1. Pertama-tama kumpulkan bahan baku yakni berupa kulit kerang laut yang bisa Anda peroleh dari nelayan tradisional maupun pengusaha tambak kerang hias. Anda juga bisa mencarinya sendiri di laut. Pilih kerang laut yang bentuk serta warna unik supaya kerajinan tangan dari kulit kerang tersebut bisa menghasilkan tampilan yang bagus. Harga jual untuk kerajinan ini bervariasi tergantung pada ukuran, bentuk, serta warna.
  2. Berikutnya yakni proses pengolahan bahan baku. Bersihkan kulit kerang dari tempelan pasir, lumpur, serta tanah. Selanjutnya keringkan dengan cara dimasukkan dalam oven yang sebelumnya kulit kerang sudah diberikan campuran bahan kimia tertentu. Fungsinya untuk mempermudah proses pembentukan sesuai dengan pola. Proses ini berfungsi supaya kulit kerang dapat berubah jadi lebih lunak tetapi tidak gampang patah.
  3. Proses yang terakhir barulah cangkang kerang diolah jadi beragam kerajinan unik contohnya seperti bros. Cat kulit kerang dengan berbagai warna lalu pilih jenis kerang yang ingin digunakan. Rekatkan dengan lem satu per satu sampai membantu bros sesuai yang diinginkan. Diamkan sampai melekat sempurna. Tempelkan pin pada cangkang kerangnya.

Proses pembuatan seperti diatas tentunya sangat mudah bukan. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Hal ini juga akan membawa keuntungan besar dan cukup menjanjikan sebab olahan limbah kulit kerang ini bisa dijadikan kerajinan tangan yang unik dan bernilai tinggi jika dijual. Bros dari kulit kerang bisa jadi alternatif peluang untung yang tepat untuk Anda tekuni.


Post a Comment

0 Comments