Cara Membuat Bunga dari Daun Kering untuk Hiasan di Rumah

Cara Membuat Bunga dari Daun Kering untuk Hiasan di Rumah

Daun kering merupakan salah satu limbah atau sampah yang mengotori teras rumah. Limbah daun kering juga mudah kamu temukan di sekitar rumah. Di negara-negara lintang rendah seperti Indonesia ada beragam jenis pohon dan tumbuhan. Beragam jenis pohon dan tumbuhan tersebut disebabkan karena lokasi Indonesia yang berada di iklim tropis. Sehingga banyak daun kering yang berserakan di sekeliling kita.

Materi tentang kondisi iklim di Indonesia dapat kalian pelajari pada kelas 7 sekolah menengah pertama dan kelas 10 sekolah menengah atas. Kondisi iklim di Indonesia merupakan iklim tropis. Iklim tropis memiliki ciri-ciri antara lain, intensitas hujan yang tinggi sepanjang tahun, wilayahnya disinari matahari sepanjang tahun, memiliki kelembapan udara yang tinggi, masyarakat yang mudah berkeringat, dan keanekaragaman hayati yang tinggi.

Keanekaragaman hayati yang tinggi dapat dimanfaatkan masyarakat. Salah satunya dengan membuat hiasan dinding dari dedaunan yang dikeringkan. Dedaunan ini dapat diambil dari daun kering yang berserakan di sekitar kita. Beberapa masyarakat di wilayah tropis menganggapnya sebagai sampah. Namun, dedaunan tersebut memiliki banyak manfaat. Karena terdapat cara membuat bunga dari daun kering.

Di tangan orang yang kreatif, daun kering ini dapat diolah menjadi kerajinan tangan yang menarik, bahkan mempunyai nilai jual.

Inilah Cara Membuat Bunga dari Daun Kering dengan Sederhana

Untuk memperindah dekorasi rumahmu, tidak ada salahnya apabila mengambil sesuatu dari alam. Salah satunya adalah daun kering musim gugur yang indah. Kemudian, Kamu dapat membuatnya sebagai kerajinan atau hiasan berbentuk bunga.

Kerajinan dekoratif ini secara keseluruhan terbuat dari daun kering. Namun ada juga beberapa bahan tambahan yang digunakan.

Proses pembuatan kerajinan bunga daun kering ini tergantung dari produk apa yang hendak kamu buat. Karena ada hiasan tertentu yang harus melalui proses perendaman untuk pewarnaan atau dengan dicelupkan langsung dalam cat warna. Nah, cara membuat bunga dari daun kering harus kamu selesaikan dengan sabar dan teliti agar hasilnya rapi dan indah. 

Peralatan untuk Membuat Bunga dari Daun Kering

Cara pertama yang harus kamu lakukan yaitu meyiapkan alat dan bahan. Buatlah konsep bentuk bunga yang hendak kamu buat secara matang. Alat dan bahan yang perlu kamu persiapkan untuk membuatnya antara lain:

  1. Daun
  2. Lem
  3. Kuas
  4. Gunting
  5. Vas bunga
  6. Selotip krep warna hijau
  7. Lidi

Cara Membuatnya

Ambil daun kering yang berjatuhan di halaman secara langsung atau dengan cara mengeringkannya. Ada dua proses mengeringkan daun.

Cara pertama yakni menggunakan buku dan gel silika. Jika menggunakan buku, bersihkan daun dan letakkan pada halaman buku yang tebal, lalu tutup dengan tisu. Agar proses penyerapan air optimal, maka beri ruang antarhalaman. Lalu keringkan di bawah sinar matahari hingga betul-betul kering. 

Cara Membuat Bunga dari Daun Kering untuk Hiasan di Rumah

Cara kedua mengeringkan daun yakni dengan silica gel. Bersihkan daun dan masukkan dalam wadah tertutup yang berisi silica gel. Biarkan beberapa saat hingga silica gel menyerap kandungan air, sehingga daun menjadi kering.

Cara Membuat Bunga dari Daun Kering untuk Hiasan di Rumah

Tahapan pada proses pengeringan ini membutuhkan hasil yang sempurna. Jika tidak, maka daun akan berpotensi mudah membusuk. Jadi pastikan kering dengan sempurna, umumnya akan membutuhkan waktu hingga 5 hari atau tergantung dari ketebalan daun.

Kamu dapat menggunakan beberapa daun kering yang masih bersifat lentur, agar mudah dibentuk. Berikut ini langkah-langkah pembuatannya.

Cara Membuat Bunga dari Daun Kering untuk Hiasan di Rumah
sumber : https://www.youtube.com/watch?v=eyq9FFxWgL4

Langkah pemembuatan bunga dari daun kering

  1. Cara membuat bunga dari daun kering yang pertama, potong daun dari tangkai utama dengan menggunakan gunting.
  2. Jika sudah terbagi menjadi dua, pada bagian potongan diolesi lem.
  3. Lilit, gulung, dan rekatkan hingga menjadi bunga mawar mini.
  4. Kemudian ambil lidi sebagai tangkai dan rekatkan pangkal bunga mawar tadi dengan lem.
  5. Lilit tangkai bunga mawar hingga ke putik bunga menggunakan selotip warna hijau.
  6. Untuk daunnya, Kamu bisa menggunakan daun sama yang digunting berbentuk daun. Lalu rekatkan satu atau dua bentuk daun ke tangkai dengan cara melilitkan menggunakan selotip hijau.
  7. Tunggu hingga seluruh lem mengering baru kemudian menatanya dalam vas.

Agar kerajinan dari daun kering ini hasilnya bagus, maka membutuhkan kreativitas yang tinggi. Meskipun cara membuat bunga dari daun kering terlihat mudah, namun membutuhkan ketelitian supaya hasil rangkaian dekoratifnya cantik, indah, dan menarik.

Berikut ini video cara membuat bunga dari daun kering untuk hiasan di rumah






Post a Comment

0 Comments