Membuat Komik dengan Topik Mencegah Bullying atau Perundungan

Membuat Komik dengan Topik Mencegah Bullying atau Perundungan
sumber: https://komik.pendidikan.id/online/komik/bullying/#p=10
Perundungan terhadap siswa di lingkungan sekolah saat ini masih sering terjadi. Tindakan ini dapat dilakukan guru terhadap siswa atau siswa secara berkelompok terhadap seorang siswa. Pada materi kelas 10 (Fase E) tingkat menengah atas, guru dapat mengajarkan perilaku anti perundungan dengan capaian pembelajaran yang dipelajari.

Capaian-capaian pembelajari rumpun sosial tentang penelitian. Materi ini dapat diterapkan pada siswa/peserta didik, yaitu dengan cara meneliti perilaku-perilaku sosial tentang perundungan. Hal tersebut dapat mendukung terciptanya tema proyek penguatan profil pelajar pancasila bangun jiwa raganya.

Tema tema proyek penguatan profil pelajar pancasila bangun jiwa raganya berisi banyak muatan. Salah satunya menguatkan sifat saling mendukung tanpa merundung. Banyak penerapan materi ini pada materi kelas 10 (Fase E) tingkat menengah atas, yaitu dengan membuat komik anti perundungan.

Pembuatan Komik Anti Perundungan.

Berdasarkan KBBI (Depdiknas,2005: 583) komik merupakan cerita bergambar dalam majalah, surat kabar, atau bentuk buku yang umumnya mudah dicerna dan lucu. Komik juga dapat digunakan sebagai media informasi. Informasi yang tertuang di dalam komik biasanya digambarkan secara eksplisit.

Komik juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Materi yang akan disampaikan disisipkan pada alur-alur cerita yang mudah dicerna. Peserta didik juga lebih mudah memahami materi tersebut. Materi yang dapat disampaikan salah satunya tentang bullying/perundungan. Materi ini juga sesuai dengan tema projek profil penguatan pelarjar pancasila. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembuatan komik sebagai media pembelajaran.

Alat dan Bahan

  1. Buku catatan.
  2. Alat tulis.
  3. Pensil Warna.
  4. Penggaris.
  5. Penghapus
  6. Kertas HVS

Langkah-langkah pembuatan.

  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat komik.
  • Tentukan topik, karakter, watak karakter, latar, dan cerita komik yang akan dibuat.
  • Contoh konsep komik yang akan dibuat.   
  1. Topik    : Perundungan di Kelas
  2. Karakter    : Anto, Dora, Anis
  3. Watak Karakter    : Anto : Pendiam Dora : Humoris, Nakal Anis : Senang Membantu, Suka Menolong
  4. Latar    : Ruang Kelas 
  5. Cerita    : Anto membawa bekal sederhana. Dora datang untuk membandingkan bekalnya. Dora mengibaratkan makanan Anto seperti makanan rakyat jelata, berbeda dengan makanan Dora yang kelasnya bangsawan. Meskipun Dora hanya bercanda, namun anto merasa rendah diri. Anis yang duduk di depanya membela. Meskipun bekal Anto sederhana tapi dibuat dengan uang halal.

Membuat Komik dengan Topik Mencegah Bullying atau Perundungan

  • Buat empat kotak sama panjang atau sering disebut dengan panel komik pada kertas HVS. Fungsinya sebagai urutan dari setiap gambar atau materi. Selain itu juga berguna untuk menjaga kelanjutan dari cerita yang sedang berlangsung.
  • Buat sketsa gambar komik dari konsep yang telah kamu buat. Gambarkan pada panel yang telah dibuat. Gunakan pensil ketika membuat sketsa.
  • Tambahkan balon kata pada setiap karakter yang telah dibuat. Agar komik yang dibuat lebih menarik.
  • Berikan warna pada setiap panel komik. Pilih warna-warna yang sesuai dengan objek yang diwarnai. 
  • Setelah selesai membuat komik, kamu dapat memajangnya. Contohnya dipajang pada mading sekolah, papan pengimuman desa, atau media sosial.
Itulah tadi penjelasan singkat terkait media pembelajaran dengan menggunakan komik. Topik yang diangkat dapat berupa topik perundungan/bullying. Topik ini dapat membangun jiwa raga para peserta didik serta sesuai dengan tema projek penguatan profil pelajar pancasila. Tema ini sesuai diajarkan pada peserta didik fase E atau kelas 10 tingkat menengah atas (SMA)

Berikut ini video cara pembuatan komik secara manual

 

Post a Comment

0 Comments