Cara Membuat Tempat Pensil dari Kulit Jagung

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kulit Jagung

Kerajinan tangan merupakan kegiatan membuat atau menciptakan suatu karya menggunakan tangan serta memiliki fungsi dan nilai jual. Kerajinan tangan dapat kita buat menggunakan barang-barang di sekitar. Barang-barang ini dapat berupa bahan alam maupun sintetis. Pada materi tematik kelas 2 tingkat sekolah dasar, kita belajar mengenai kerajinan yang terbuat dari bahan alam.

Banyak kerajinan tangan yang dapat kita buat menggunakan bahan alam. Seperti sedotan, hiasan dinding, vas bunga, tempat pensil, taplak meja, dan lain sebagainya. Semuannya memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Salah satu kerajinan tangan yang mudah, yaitu membuat tempat pensil dengan mamanfaatkan kulit jagung. Ya, kita dapat menggunakan kulit jagung sebagai bahan baku pembuatan tempat pensil. Kerajinan tangan ini dapat memiliki harga yang mahal, jika memiliki nilai keindahan, kualitas yang baik. Sesuai tema projek penguatan profil pelajar pancasila, yaitu tema kewirausahaan.

Mungkin kulit jagung kerap dianggap sebagai sampah. Tetapi jangan salah, justru hal tersebut dapat menjadi sumber kekayaan bagi siapapun yang mau mengkreasikan. Kerajinan yang terbuat dari kulit jagung merupakan suatu ide penunjang usaha kreatif. Terutama bagi Anda yang mempunyai modal kecil.

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kulit Jagung

Kulit jagung dapat berasal dari limbah pengolahan jagung. Jagung juga memiliki kegunaan yang beragam mulai dari pakan, pangan, energi, dan bahan baku industri. Kenaikan permintaan akan jagung akan terus terjadi selaras dengan pertambahan penduduk dan perbaikan kesejahteraan. Potensi lahan dan kesesuaian iklim untuk penanaman jagung menjadi faktor masyarakat untuk menanam jagung.

Pemanfaatan kulit limbah kulit jagung ini dapat membantu melestarikan lingkungan. Namun, tidak semua bagian dari jagung dapat dimanfaatkan. Sehingga menimbulkan limbah, seperti kulit jagung, tongkol jagung, dan lainnya. Sebenarnya limbah-limbah tersebut dapat dimanfaatkan untuk bahan baku kerajinan. Contohnya, kulit jagung untuk membuat kerajinan tempat pensil.

Cara membuat tempat pensil dari kulit jagung akan membantu melatih kreativitas kita. Dari kulit jagung sudah banyak lahir karya. Tidak hanya mementingkan mengenai apa saja manfaatnya, tetapi juga keindahannya, pasti akan menyita perhatian banyak mata.

Kulit jagung ini mempunyai manfaat yang dapat menghasilkan nilai jual tinggi. Apalagi sekarang sudah banyak benda hias yang terbuat dari kulit jagung. Perlu untuk Anda ketahui, bahwasanya daur ulang kulit jagung dapat Anda ubah menjadi kerajinan tangan yang nantinya juga dapat Anda jual.


Cara Membuat Tempat Pensil dari Kulit Jagung

Kulit jagung bukan hanya menjadi peluang wirausaha. Melainkan dapat kita manfaatkan untuk menghiasi rumah kita supaya terlihat lebih cantik. Terdapat banyak ide bagi kita yang ingin membuat kerajinan tangan dari bahan alam. Kerajinan dari bahan alam dapat digunakan sebagai materi belajar tematik kelas 2 tingkat sekolah dasar. Selain itu, juga mengajarkan anak tentang tema projek penguatan profil pelajar pancasila, yaitu tema kewirausahaan.
 Salah satu kerajinan dari bahan alam yang dapat kita buat, yaitu menggunakan kulit jagung sebagai bahan baku tempat pensil. Kita juga dapat merubah lembaran kulit jagung tersebut menjadi boneka, tempat tisu, bunga yang cantik, bingkai foto, hiasan lampu, gantungan kunci, vas bunga, keranjang, dan tas yang etnik.
Di samping banyaknya kerajinan yang dapat kita buat menggunakan kulit jagung, salah satu kreasi yang paling menarik adalah tempat pensil. Dengan adanya pembuatan tempat pensil dari kulit jagung ini, di sisi lain kita dapat menggunakannya sendiri namun juga dapat kita jual. Bagaimana proses pembuatannya, berikut ini langkah-langkah pembuatannya.

Langkah-langkah pembuatan kerajinan dari kulit jagung.

  • Untuk cara membuat tempat pensil dari kulit jagung ini, Anda dapat memadukannya menggunakan kaleng bekas. Bahan dan alat yang harus dipersiapkan adalah, kaleng bekas yang sudah dibersihkan dan ukurannya sedang, kulit jagung yang sudah kering, benang, dan tali tambang ukuran kecil.
  • Tidak boleh lupa adalah lem. Setelah semua bahan dan alat tersedia, lanjut ke pembahasan langkah-langkahnya Seperti apa dan bagaimana.
  • Pertama, Anda harus membersihkan kaleng bekas. Apabila sudah bersih, Anda dapat langsung segera mengeringkan.
  • Setelah itu, tempelkan kulit jagung yang sudah kering menggunakan lem.
  • Pastikan dalam penempelan tersebut, kulit jagung benar-benar merekat. Hal tersebut bertujuan, supaya nanti pada saat menghias, tidak ada kulit yang terkelupas ataupun jatuh. Bila perlu, setelah menempelkan kulit tersebut pada kaleng, Anda dapat mengeringkan lem tersebut dengan cara menjemur sebentar.
  • Jika sudah kering, lilitkan tambang kecil serta benang di seluruh kaleng. Lilitan tersebut berfungsi sebagai hiasan. Dengan begitu, lilitkan dengan rapi. 
  • Supaya hiasan tersebut dapat menempel dengan sempurna, sebelum melakukan finishing Anda dapat menjemurnya terlebih dahulu.
  • Finally, setelah kering Anda dapat langsung menggunakan atau memberi cat pada tempat pensil kulit jagung tersebut.
Sangat mudah bukan cara membuat tempat pensil dari kulit jagung? 

Banyak Manfaat

Mungkin tempat pensil dari kulit jagung terlihat sepele. Bukan tidak mungkin apabila bagi berapa orang mana mungkin hal tersebut dapat memberikan keuntungan. Sebaiknya kita membuktikan terlebih dahulu sebelum memberikan penilaian. Mengolah kulit jagung, nantinya akan memberikan banyak manfaat dan keuntungan.
Kita dapat memadupadankan kulit jagung dengan bahan bekas lainnya supaya menjadi tempat pensil yang berbeda daripada umumnya. Dapat memberikan warna, menghias dengan bunga dari kulit jagung, ataupun memberikan hiasan lainnya yang dapat menarik perhatian.
Selain itu juga dapat bermanfaat sebagai media belajar anak pada tingkat sekolah dasar. Karena pada materi belajar tematik kelas 2 mata pelajaran seni budaya dan seni, murid diharuskan membuat kerajinan tangan dengan bahan alam. Tempat pensil dari kulit jagung dapat menjadi solusi materi tersebut.
Cara Membuat Tempat Pensil dari Kulit Jagung
Kemudian pembuatan tempat pensil dari kulit jagung juga dapat memperkuat tema projek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema kewirausahaan. Apabila orang-orang sekitar belum menyadari akan manfaat kulit jagung, kerajinan ini dapat digunakan untuk menciptakan lapangan kerja di lingkungan sekitar.
Sebab bukan tidak mungkin, apabila Anda mengawali cara membuat tempat pensil dari kulit jagung ini sebagai suatu usaha, kedepannya dapat merekrut orang-orang sekitar yang belum mempunyai pekerjaan. Meski prosesnya tetap harus sabar juga panjang.

Berikut ini video Cara Mudah Membuat Tempat Pensil dari Kulit Jagung 


 



Post a Comment

0 Comments